BAGAIMANA ORANG KANTORAN CEGAH SERANGAN JANTUNG MEMATIKAN

Semangat mengejar karir, kadang membuat orang melupakan kesehatan. Tidak jarang kita lihat kalangan orang kantoran berperut buncit dan sudah terganggu kesehatannya tanpa mereka sadari. Tekanan darah tinggi tidak pernah dikontrol. Kadar gula darah tidak pernah diperiksa. Kolesterol pun hanya dikira-kira saja berdasarkan gejala leher tegang atau sakit kepala, padahal tidak ada hubungannya.

Kurang olahraga membuat kita dalam risiko yang lebih tinggi untuk menderita serangan jantung atau stroke. Penyakit tersebut adalah dua penyakit paling mematikan di dunia dan Indonesia. Ironis, karena penyakit tersebut sebenarnya memiliki faktor risiko yang dapat dicegah atau dikontrol. Cara paling efektif untuk mengurangi risiko serangan jantung atau stroke adalah dengan membiasakan diri makan dengan cara yang sehat dan berolahraga rutin.

Olahraga rutin, bukan olahraga sekali-kali atau olahraga kalau sempat.

Prinsipnya: sediakan waktu untuk olahraga, bukan menyisakan waktu untuk olahraga. Anjuran dari American Heart Association; aktivitas aerobik dilakukan setidaknya 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu. Aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah jalan kaki, jogging, berenang atau bersepeda. Jalan kaki sangat menyenangkan, dan dapat dilakukan sambil mengobrol dengan keluarga atau teman kerja. Olahraga dapat anda lakukan sambil menonton TV di pusat kebugaran sekaligus bersosialisasi.

Usahakan menggunakan tangga, bukan eskalator atau lift. Sedapat mungkin, gunakan kaki anda dan usahakan banyak bergerak tidak hanya duduk saja apalagi sambil mengunyah cemilan. Hal tersebut tidak menggantikan olahraga. Tapi, setidaknya anda masih akan mendapat manfaat dari kebiasaan anda yang terus aktif bergerak di tempat kerja.  Olahraga rutin kita lakukan justru supaya badan tetap fit dan segar untuk bekerja. Olahraga yang dilakukan sekali kali malah membuat badan terasa pegal-pegal, lalu tidak mendapat manfaatnya.

Pilihlah sedapat mungkin makanan yang dikukus, dipanggang, atau direbus. Hindari sedapat mungkin makanan yang digoreng atau makanan yang manis-manis. Bukan berarti sama sekali tidak boleh makan makanan demikian, namun anda perlu sadar dan senantiasa ingat bahwa sebaiknya jenis makanan tersebut dihindari. Perlu diperhatikan juga minuman kaleng atau botolan/ kemasan sering kali sangat manis. Dijamin kalau sering minum minuman tersebut berat badan anda akan naik, dan tidak baik untuk kesehatan anda.

Periksakan diri anda di klinik di kantor, untuk tekanan darah dan timbang berat anda. Sempatkan waktu untuk memeriksakan kadar kolesterol dan kadar gula darah anda. Seperti halnya kendaraanm tubuh anda perlu pemeriksaan rutin. Apa gunanya nanti anda sukses dan banyak uang, namun tidak bisa menikmatinya dengan tubuh yang sehat?

Bagikan Artikel Ini

Share your thoughts

Open chat
Tanya Dokter Vito
Hai, silakan tanya mengenai kesehatan anda ke dr. Vito dan VIPMED specialist team disini.