Jangan Sepelakan Masuk Angin! Ini Perbedaannya dengan Serangan Jantung

Laporan Chodijah Febriyani – Akurat.co

AKURAT.CO, Sering kali kita suka meremehkan penyakit masuk angin. Karena penyakit tersebut hanya memiliki gejala yang ringan saja, misalnya tubuh hanya pegal-pegal, meriang, batuk ringan, atau merasa lelah.

Padahal bisa saja itu bukan dikarenakan masuk angin malahan, itu adalah gejala penyakit jantung.

Dokter Vito A. Damay, Sp. JP (K), M.Kes, FIHA, FICA, mengatakan, jangan meremehkan penyakit yang biasa disebut masuk angin, atau biasanya orang-orang bilang itu adalah angin duduk sehingga menyebabkan kematian. Padahal itu bisa saja karena serangan jantung.

“Masuk angin itu mirip dengan penyakit jantung. Karena, orang bilang penyakit jantung itu angin duduk. Gejala yang dirasa biasanya pegal, terus kalau angin duduk biasa tinggal dikasih balsem saja. Nanti jika dirasa sudah berat, tiba-tiba timbul diberita meninggal karena masuk angin, itu sebenernya gejala yang mirip dengan serangan jantung,” ungkapnya di acara Road to World Heart Day 2019 di CoHive D.Lab, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8).

Lantas apa perbedaannya antara masuk angin dan serangan jantung?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Kardiologi Intervensi mengungkapkan, pertama bisa dilihat dengan gejala yang dialami misalnya kalau serangan jantung khasnya sakit di dada, atau rasa pegal seperti ditimpa atau rasa berat sampai keringat dingin.

“Itu bukan masuk angin biasa. Jadi itu mungkin serangan jantung, apalagi tangan kirinya rasa kebas, dagunya pegel juga, itu namanya serangan jantung. Memang mirip, tapi orang zaman dulu sering kali mikir ‘Ah sudahlah memang diurut juga ilang’. Padahal kalau cepat dibawa ke rumah sakit, kemungkinan waktu selamet itu lebih tinggi,” imbaunya.

Laporan Chodijah Febriyani – Akurat.co

Bagikan Artikel Ini

Share your thoughts

Open chat
Tanya Dokter Vito
Hai, silakan tanya mengenai kesehatan anda ke dr. Vito dan VIPMED specialist team disini.