POLA MAKAN SEHAT

Pola makan sehat adalah salah satu faktor penting untuk mengurangi risiko serangan jantung selain tentunya olahraga rutin dan teratur. Pola makan sehat seringkali lebih mudah diucapkan daripada dijalani. Sebenarnya apakah sesulit itu untuk memiliki pola makan sehat?

Pola makan sehat terdiri dari bahan makanan, komposisi makanan. juga termasuk cara pengolahannya dengan porsi serta waktu makan yang teratur. Pola makan sehat ini merupakan sebuah gaya hidup, dan dijalani sehari hari dengan kesadaran akan keinginan hidup sehat dan bugar, bukan sekedar ingin memiliki tubuh langsing atau kurus saja.

 

BAHAN MAKANAN

Ikan laut adalah lauk yang sehat dan untungnya tidak sulit didapat di Indonesia. Salmon, tuna dan sardin adalah jenis ikan laut yang mengandung banyak omega 3 sehingga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) tubuh anda.

Berbagai jenis sayuran hijau secara umum baik dan penuh nutrisi yang baik. Buah buahan secara umum sehat dan baik untuk kesehatan anda. Sayuran dan buah buahan yang mengandung plant stanol ester dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda secara alami.

Berbagai jenis roti gandum dan nasi merah adalah sumber karbohidrat yang baik dan lezat tergantung selera anda dan cara mengolahnya.

 

KOMPOSISI MAKANAN

Diet tanpa nasi atau diet hanya makan sayuran sebenarnya membuat anda kehilangan sumber nutrisi yang seimbang. Kadang hal tersebut malah menurunkan produktivitas kerja anda. Diet yang baik dan seimbang untuk jantung dan kesehatan anda secara keseluruhan harus terdiri dari sayuran dan buah buahan, roti gandum atau sereal atau beras merah sebagai sumber karbohidrat, diikuti dengan ikan laut, kedelai dan daging tanpa lemak sebagai sumber protein serta boleh ditambahkan segelas susu sapi. Sayuran dan buah buahan sebaiknya merupakan porsi terbesar dari komposisi makanan, diikuti karbohidrat dan protein. Tidak perlu selalu memakai kalkulator untuk menghitung kalori dan berapa persen komposisi makanan anda, namun anda cukup memahami prinsipnya.

 

PENGOLAHAN MAKANAN

Banyak contoh makanan enak yang diolah dengan direbus, dikukus atau dipanggang dan bukannya digoreng. Berbagai jenis ikan bakar, tahu dan tempe sangat nikmat disantap bersama sayuran yang direbus bersama sambal, saus kacang atau kecap dan nasi merah. Dada ayam panggang atau rebus yang diolah bersama bawang putih juga nikmat jika ditambahkan dengan rempah-rempah khas nusantara yang memperkaya rasa tanpa perlu terlalu banyak garam, dan tidak perlu vetsin. Tidak lupa berbagai jenis es buah atau jus buah segar yang sudah tidak perlu lagi anda tambahkan gula didalamnya.

 

PORSI MAKAN

Setelah anda menentukan bahan makanan dan cara mengolahnya dengan sehat, yang juga penting adalah  porsi dan waktu makan. Makanlah dengan banyak sayuran dan buah sehingga anda tidak mengenyangkan diri dengan terlalu banyak nasi. Walaupun makanan sehat, namun bila terlalu banyak tetap akan jadi kelebihan kalori yang akan menumpuk menjadi lemak. Porsi makan yang terlalu banyak akan mengirim sinyal ke otak anda, sehingga rasanya tidak lagi selezat suapan pertama.

 

JADWAL MAKAN

Makanlah cemilan sehat berupa buah segar diantara waktu makan utama agar waktu makan utama tidak menjadi pelampiasan untuk makan sebanyak banyaknya. Selain itu ,waktu makan yang tidak teratur kadang membuat rasa tidak nyaman di perut bagi orang-orang yang peka.

Nikmati pola makan sehat, dan olahraga teratur Bikin hidup anda makin hidup!

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel Ini

Share your thoughts

Open chat
Tanya Dokter Vito
Hai, silakan tanya mengenai kesehatan anda ke dr. Vito dan VIPMED specialist team disini.